Saturday 15 May 2010

Posted by jinson on 23:38 No comments



Infertilitas adalah ketidakmampuan sepasang suami istri untuk memiliki keturunan dimana wanita belum mengalami kehamilan setelah bersenggama secara teratur 2-3 x / minggu, tanpa mamakai matoda pencegahan selama 1 tahun


Ada 2 jenis infertilitas :
a. Infertilitas primer : bila pasangan tersebut belum pernah mengalami kehamilan sama sekali.
b. Infertilitas sekunder : bila pasangan tersebut sudah pernah melahirkan namun setelah itu tidak pernah hamil lagi (Hidayat, 2009).

Menurut temuan baru, asam lemak omega-3 yang biasanya diketahui baik untuk jantung dan kesehatan otak, ternyata Gizi-ajaib ini sekarang juga diketahui berkaitan dengan ketidaksuburan laki-laki.


Rincian Studi

Peneliti dari Universitas Illinois telah mempelajari tikus yang dibuat tidak memiliki gen yang membantu mereka menghasilkan asam lemak DHA. Tikus ini ditemukan memiliki abnormalitas sperma yang lebih sedikit dan sperma
yang mereka punya lebih sedikit, tapi efek seperti itu terbalik pada tikus yang diberi DHA.

Ini adalah pertama kalinya bahwa pentingnya DHA untuk kesuburan pria telah terbukti secara langsung, walaupun beberapa studi telah menyarankan bahwa pasien kesuburan pria dengan jumlah sperma rendah dan kurang sperma motil cenderung memiliki tingkat rendah asam lemak ini.

Sebuah studi dari Iran awal tahun ini melaporkan adanya hubungan antara omega-3 asam lemak daengan kualitas sperma dan kesuburan. Mereka menemukan bahwa pria yang kurang subur memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang lebih rendah dalam sperma mereka daripada pria subur. Penelitian ini melibatkan 150 pria dan telah diumumkan dalam jurnal gizi klinis (journal Clinical Nutrition, Februari 2010, Vol. 29, hal 100-105).


Lemak Omega-3 untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Temuan ini menambah daftar panjang potensi manfaat asam lemak omega-3, termasuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan dan melindungi dari kanker. Otak juga sangat bergantung pada DHA - DHA tingkat rendah telah dikaitkan dengan depresi, skizofrenia, kehilangan memori, dan risiko yang lebih tinggi berkembangnya Alzheimer.

Minyak ikan, minyak ikan cod dan minyak krill merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3. Ikan berminyak seperti salmon, makarel, sarden dan herring juga menyediakan sumber gizi yang baik. Serta biji seperti rami, labu, minyak mentah dari biji.


Info Penelitian Lebih Detail :

M. Roqueta-Rivera, C.K. Stroud, W.M. Haschek, et al. suplementasi asam Docosahexaenoic sepenuhnya mengembalikan kesuburan dan spermatogenesis pada tikus jantan delta-6-desaturase null. Jurnal Vol lipid, Penelitian 51 Halaman 360-367.


(Sumber utama : www.healthymuslim.com, diterjemahkan oleh Mahmud)

0 comments:

Post a Comment